Hari ini siswa Kelas VI akan mengikuti pelajaran
olahraga. Sebelum olahraga dimulai, pak guru menimbang dan mencatat berat badan
setiap siswa. Dari 10 orang siswa diperoleh data berat badan sebagai berikut.
27 kg, 28 kg, 27 kg, 30 kg, 31 kg, 28 kg, 27 kg, 29 kg, 30 kg, dan 29 kg.
Contoh tersebut merupakan cara mengumpulkan data berat badan siswa.
Bagaimanakah cara menyajikan data agar lebih mudah dibaca?
Agar kamu dapat menjawabnya, pelajarilah bab ini
dengan baik.
Mengumpulkan dan Menyajikan Data
Kiki ingin mengetahui jenis buah-buahan yang disukai teman-temannya. Untuk
itu, Kiki bertanya kepada setiap temannya mengenai buah-buahan yang mereka
sukai.
Dari 15 orang temannya, Kiki memperoleh data sebagai
berikut.
§ 4 orang menyukai jeruk.
§ 5 orang menyukai apel.
§ 3 orang menyukai mangga.
§ 3 orang menyukai
rambutan.
Dalam hal ini, Kiki telah mengumpulkan data mengenai jenis buah-buahan yang
disukai teman - temannya. Pengumpulan data dapat dilakukan dengan cara
pencatatan langsung maupun dengan cara mengisi lembar isian.
Mengumpulkan Data Dengan Cara Pencatatan
Langsung
Siswa Kelas VI yang berjumlah 30 orang telah
selesai melaksanakan ulangan Matematika. Kemudian, ibu guru memeriksanya dan
mencatat hasil ulangan Matematika setiap siswa sebagai berikut.
6, 6, 7, 7, 8, 5, 9, 7, 6, 7
8, 8, 8, 6, 5, 6, 6, 7, 9, 6
7, 7, 8, 8, 7, 8, 9, 9, 7, 5
Ibu guru ingin mengelompokkan nilai yang diperoleh setiap siswa tersebut.
Ada berapa orang yang mendapat nilai 7? Ada berapa orang yang mendapat nilai 8?
dan seterusnya.
Agar lebih mudah dalam mengelompokkan data, Ibu guru membuat tabel berikut
ini.
Agar lebih mudah dan tidak ada data yang terlewat, ibu
guru menggunakan turus seperti berikut.
Dari tabel tersebut diketahui bahwa siswa yang
mendapat nilai 5 ada 3 orang. Siswa yang mendapat nilai 6 ada 7 orang, siswa
yang mendapat nilai 7 ada 9 orang, siswa yang mendapat nilai 8 ada 7 orang, dan
siswa yang mendapat nilai 9 ada 4 orang.
Mengumpulkan Data Dengan Cara Mengisi Lembar Isian
Siswa Kelas VI akan mengadakan pemilihan
ketua kelas. Dari 40 siswa, telah terpilih calon - calon yang akan menjadi
ketua kelas, di antaranya Andi, Ika, Santi, dan Rudi. Kemudian, beberapa orang
siswa membuat lembar isian untuk dibagikan dan diisi oleh setiap siswa. Lembar
isian itu tampak seperti berikut.
Setelah dikumpulkan, data-data tersebut dicatat di papan tulis
dan diperoleh hasil sebagai berikut.
Dari hasil tersebut ternyata sebanyak 16 siswa memilih
Ika, 10 siswa memilih Andi, 8 siswa memilih Santi, dan 6 siswa memilih Rudi.
Akhirnya Ika yang terpilih menjadi ketua kelas karena memperoleh suara yang
terbanyak. Contoh pemilihan
ketua kelas ini merupakan pengumpulan data dengan cara
menggunakan lembar isian.
Menafsirkan Data
Menafsirkan Data Berbentuk Diagram Batang
Perhatikan diagram batang yang menunjukkan hasil ulangan Matematika dari 30
orang siswa.
Dari diagram tersebut, dapat dilihat bahwa:
§ Siswa yang mendapat
nilai 5 ada 3 orang.
§ Siswa yang mendapat
nilai 6 ada 7 orang.
§ Siswa yang mendapat
nilai 7 ada 9 orang.
§ Siswa yang mendapat
nilai 8 ada 7 orang.
§ Siswa yang mendapat
nilai 9 ada 4 orang.
Dari tabel tersebut terlihat juga bahwa
jumlah siswa yang mendapat nilai 6 dan 8 adalah sama, yaitu 7 siswa. Nilai
berapakah yang paling banyak diperoleh siswa? Ada berapa siswa yang mendapat
nilai paling tinggi?
Menafsirkan Data Berbentuk Diagram Lingkaran
Selain diagram batang, diagram lingkaran
juga sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya data mengenai warna
yang paling disukai oleh 40 siswa Kelas VI disajikan sebagai berikut.
Bagaimana cara membaca diagram lingkaran ini?
Berapa banyak siswa yang menyukai warna merah?
Berapa banyak siswa yang menyukai warna abu-abu?
Agar dapat membaca diagram tersebut, lakukan
perhitungan berikut.
Dengan demikian, sebanyak 12 siswa menyukai warna merah dan 7 orang siswa
menyukai warna abu-abu.
Besar sudut satu putaran penuh adalah 360°. Untuk menentukan besar sudut
pada bagian yang berwarna merah dan kuning, kamu dapat menghitungnya sebagai
berikut.
Sekarang, berapa besar sudut yang berwarna hijau dan
abu-abu pada diagram lingkaran tersebut? Cobalah hitung olehmu seperti cara
yang telah dibahas.
0 komentar:
Posting Komentar